Signal Generator 500Mhz


Signal Generator 500Mhz
Signal Generator 500Mhz

signalgenerator 500Mhz atau Function Generator ialah  suatu perangkat  yang menghasilkan sinyal/gelombang dimana frekuensi serta amplitudonya bisa  diubah-ubah. Gelombang yang didapatkan  pada lazimnya  yaitu gelombang sinusoidal, gelombang segitiga, dan gelombang segi empat. Pada lazimnya  Signal Generator digunakan bersebelahan  dengan Osiloskop.

Function Generator terdiri dari generator utama dan generator modulasi. Generator utama pada umumnya meluangkan  output berupa Gelombang sinusoidal, kotak, ataupun segi tiga. Umumnya gelombang itu  mempunyai  frekuensi berkisar antara 0,01 Hz sampai  10 kHz. Generator sinyal input dipakai  sebagai Amplitudo Modulation (AM) atau Frequency Modulation (FM).

Beberapa tombol/saklar pengatur yang seringkali  ada  pada Signal Generator diantaranya:
  • Saklar Daya (Power Switch) : Berfungsi untuk mengobarkan  daya signal generator 500Mhz.
  • Terminal Output TTL/CMOS : Terminal yang menghasilkan keluaran yang kompatibel dengan TTL/CMOS
  • Duty Function : Tarik dan putar tombol ini untuk menata  Duty Cycle gelombang
  • Selector TTL/CMOS : Ketika tombol ini ditekan, terminal output TTL/CMOS akan menerbitkan  gelombang yang kompatibel dengan TTL. Sedangkan andai  tombol ini ditarik, maka besarnya tegangan kompatibel output (yang akan terbit  dari terminal output TTL/CMOS) dapat ditata  antara5-15 Vpp, cocok  besarnya tegangan yang kompatibel dengan CMOS
  • DC Offset : Untuk menyerahkan  offset (Tegangan DC) pada sinyal +/- 10V. Tarik dan putar sehaluan  jarum jam guna  mendapatkan level tegangan DC positif, atau putar ke arah yang bertentangan  untuk mendapat level tegangan DC negatif. Jika tombol ini tidak ditarik, keluaran dari geneartor sinyal ialah  murni tegangan AC
  • Amplitudo Output : Putar sehaluan  jarum jam guna  mendapatkan tegangan output yang maksimal, dan sebaliknya  untuk output -20dB. Jika tombol ditarik, maka output bakal  diperlemah sebesar 20dB.
  • Selector Fungsi : Tekan di antara  dari ketiga tombol ini guna  memilih format  gelombang output yang diinginkan
  • Terminal Output utama : Terminal yang menerbitkan  sinyal output utama
  • Tampilan Pencacah : tampilan nilai frekuensi dalam bentuk  6x0,3"
  • Selector Range Frekuensi : Tekan tombol yang relevan guna  memilih range frekuensi yang dibutuhkan
  • Pelemah 20dB : Tekan tombol ini guna  mendapat output tegangan yang diperlemah sebesar 20dB

Cara pemakai an  Function Generator :
  • Hidupkan Power Supply
  • Sambungkan kabel BNC ke tukang koleksi  sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya hendak  menghasilkan sinyal TTL output maka konektor dihubungkan pada konektor TTL output dan andai  untuk sinyal sinusoidal dan segitiga hubungkan pada output 50 Ohm
  • Untuk menghasilkan frekuensi gelombang kotak penataan  yang diinginkan, dan untuk menata  Dutycycle maka putarlah selector Dutycycle. Sebelum mengaturnya tarik stang selector
  • Untuk menghasilkan frekuensi gelombang sinusoidal dan gelombang segitiga maka penataan  amplitudonya pada selector Amplitudo dan konektor BNC pada output 50 Ohm. Bagi  meinigkatkan besar tegangan atau amplitudonya maka tarik stang selector dan aturlah maximal tegangan 15 Volt.
  • Untuk menghasilkan frekuensi yang diharapkan  maka pilihlah tombol frekuensi yang diharapkan  dan selector pengali yang sesuai.
  • signal generator 500Mhz ialah  bagian dari perlengkapan  tes elektronik atau perlengkapan  yang dipakai  sebagai pembangkit sekian banyak   jenis gelombang listrik melalui sekian banyak   frekuensi. Bentuk gelombang bisa  berulang-ulang atau single shot. Dalam hal sejumlah  jenis sumber pemicu dibutuhkan  (Internal maupun ekstrenal) Biasanya Signal Generator menghasilkan gelombang yang didapatkan  oleh berulang pengisian dan pemakai an  kapasitor.signal generator 500Mhz


Jenis-jenis Function Generator

Di pasaran, terdapat beberapa jenis Function Generator yang menunjukkan kinerja dan harga yang bervariasi. Berikut ini adalah jenis-jenis Function Generator atau Generator Fungsi yang dimaksud.

  • Analogue Function Generator (Generator Fungsi Analog) – Function Generator jenis ini merupakan Function Generator yang paling pertama dikembangkan yaitu kurang lebih tahun 1950-an. Pada ketika tersebut, penggunakan teknologi digital masih sangat terbatas. Meskipun masih menggunakan Teknologi Analog, Function Generator jenis ini memiliki beberapa kelebihan yaitu Harga yg nisbi lebih murah, cara penggunaan yang lebih mudah dan sederhana.


  • Digital Function Generator (Generato Fungsi Digital) – Seperti namanya, Function Generator jenis ini memanfaatkan Teknologi Digital buat membuat bentuk gelombangnya. Ada beberapa teknik yang bisa dipakai buat membangkitkan bentuk gelombang, namun teknik yg paling umum digunakan merupakan teknik Direct Digital Synthesis (Sintesis Digital Langsung) atau disingkat dengan DDS.


  • Digital Function Generator ini sanggup menghasilkan bentuk gelombang dengan tingkat akurasi dan stabilitas yang tinggi lantaran rangkaian sistem Pewaktunya (clock) dikendalikan sang Kristal (Crystal). Digital Funciton Generator pula bisa menghasilkan spektral yang murni (high spectral purity) & Noise Fase yang rendah (low phase noise).


  • Dengan beberapa kelebihan Digital Function Generator yg ditawarkan ini, Harga Digital Function Generator sebagai lebih mahal dan pengoperasian lebih rumit bila dibandingkan menggunakan Analog Function Generator.signal generator 500Mhz


  • Sweep Function Generator (Generator Fungsi Sweep) – Function Generator jenis ini memiliki kemampuan Sweep pada Frekuensinya. Pada umumnya, Sweep Function Generator ini menggunakan Teknologi Digital, namun terdapat pula yang menggunakan versi Analog. Kemampuan Sweep dalam Function Generator jenis ini dapat mencapai 100:1 atau bahkan lebih tergantung dalam tipe generatornya.