Osiloskop Handheld

Osiloskop Handheld

Osiloskop Handheld ialah alat ukur elektronika yang berfungsi memproyeksikan format sinyal bagus sinyal analog ataupun sinyal digital sehingga sinyal-sinyal hal yang demikian bisa dilihat, dievaluasi, dihitung, dan ditelaah sesuai dengan format keluaran sinyal yang diharapkan. Perangkat elektronika ini mengontrol peran yang sungguh-sungguh penting dalam bidang perkembangan teknologi sebab untuk menjadikan suatu perangkat elektronika dibutuhkan suatu alat ukur yang bisa dipakai untuk mengkaji perangkat yang akan dihasilkan sehingga perangkat hal yang demikian bisa berprofesi sesuai dengan yang diharapkan oleh pembuatnya. Melainkan osiloskop ialah alat ukur yang tidak murah, sehingga tidak segala orang bisa membeli perangkat hal yang demikian. 

Demikian hal yang demikian akan menjadi kendala bagi orang-orang yang berprofesi di bidang elektronika, pelajar yang mempelajari bidang elektronika, ataupun orang-orang yang mempunyai hobi di bidang elektronika tapi tidak mempunyai financial yang cukup untuk mempunyai perangkat hal yang demikian. Sehingga hal inilah yang menjadi latar belakang penulis untuk membuat sebuah alat yang berfungsi sebagai osiloskop dengan harga yang lebih murah, dan bersifat praktis (gampang dipakai, dan gampang untuk dibawa). 

Demikian hal yang demikian bisa terwujud dengan memanfaatkan mikrokontroler sebagai bagian pensupport utama untuk membuat alat hal yang demikian, dan dengan memanfaatkan komunikasi USB (Universal Serial Setelah) sebagai metode antarmuka antara perangkat dengan komputer sehingga

Sebelumnya bisa dipakai untuk memandang sinyal maka Osiloskop Handheld perlu disetel dahulu supaya tidak terjadi kekeliruan fatal dalam penilaian. Langkah permulaan penggunaan ialah pengkalibrasian. Sekiranya pertama kali harus timbul di layar ialah garis lurus mendatar seandainya tidak ada sinyal masukan. Sekiranya perlu disetel ialah konsentrasi, intensitas, kemiringan, x position, dan y position. Dengan mengaplikasikan tegangan acuan yang terdapat di osiloskop maka kita bisa mengerjakan pengkalibrasian simpel. Ada dua tegangan acuan yang bisa dihasilkan acuan ialah tegangan persegi 2 Vpp dan 0.2 Vpp dengan frekuensi 1 KHz. Menentukan probe dikalibrasi maka dengan merekatkan probe pada terminal tegangan acuan maka akan timbul tegangan persegi pada layar. 

Menentukan yang dihasilkan acuan ialah tegangan 2 Vpp maka pada posisi 1 volt/div (satu kotak vertikal mewakili tegangan 1 volt) harus terdapat nilai tegangan dari puncak ke puncak sebanyak dua kotak dan untuk time/div 1 ms/div (satu kotak horizontal mewakili waktu 1 ms) harus terdapat satu gelombang untuk satu kotak. Menentukan masih belum pas maka perlu disetel dengan potensio yang terdapat di tengah-tengah knob substitusi Volt/div dan time/div. Atau seandainya pada gambar osiloskop diatas berupa potensio dengan label var.

Pada ketika mengaplikasikan osiloskop juga perlu dilihat sebagian hal sebagai berikut:

  • Sekiranya alat yang dievaluasi dan osiloskop ditanahkan (digroundkan), disamping untuk kemanan, hal ini juga untuk mengurangi suara dari frekuensi radio atau jala-jala.
  • Sekiranya probe dalam situasi bagus.
  • Kalibrasi tampilan bisa dijalankan dengan panel kontrol yang ada di osiloskop.
  • Tentukan skala sumbu Y (tegangan) dengan mengontrol posisi tombol Volt/Div pada posisi tertentu. Menentukan sinyal usulnya diperkirakan cukup besar, gunakan skala Volt/Div yang besar. Menentukan sulit memperkirakan besarnya tegangan masukan, gunakan attenuator 10 x (peredam sinyal) pada probe atau skala Volt/Div dipasang pada posisi paling besar.
  • Tentukan skala Time/Div untuk mengontrol tampilan frekuensi sinyal  masukan.
  • Tombol Trigger atau hold-off untuk mendapatkan sinyal keluaran yang stabil.
  • Tombol pengatur konsentrasi seandainya gambarnya kurang konsentrasi.
  • Tombol pengatur intensitas seandainya gambarnya sungguh-sungguh/kurang terang.