Osiloskop Portable Termurah

Osiloskop Portable

Osiloskop Portable ialah alat ukur elektronika yang berfungsi memproyeksikan wujud sinyal baik sinyal analog maupun sinyal digital sehingga sinyal-sinyal hal yang demikian dapat dilihat, dievaluasi, dihitung, dan ditelaah pantas dengan wujud keluaran sinyal yang diharapkan. Perangkat elektronika ini mengontrol peran yang sangat penting dalam bidang perkembangan teknologi sebab untuk menciptakan suatu perangkat elektronika dibutuhkan suatu alat ukur yang dapat dipakai untuk menelaah perangkat yang akan dijadikan sehingga perangkat hal yang demikian dapat berprofesi pantas dengan yang diharapkan oleh pembuatnya. Tapi osiloskop ialah alat ukur yang tak murah, sehingga tak semua orang dapat membeli perangkat hal yang demikian. 

Tersebut hal yang demikian akan menjadi kendala bagi orang-orang yang berprofesi di bidang elektronika, pelajar yang mempelajari bidang elektronika, maupun orang-orang yang mempunyai hobi di bidang elektronika tetapi tak mempunyai financial yang cukup untuk mempunyai perangkat hal yang demikian. Sehingga hal inilah yang menjadi latar belakang penulis untuk membuat sebuah alat yang berfungsi sebagai osiloskop dengan harga yang lebih murah, dan bersifat praktis (mudah dipakai, dan mudah untuk dibawa). 

Tersebut hal yang demikian dapat terwujud dengan memanfaatkan mikrokontroler sebagai komponen pendorong utama untuk membuat alat hal yang demikian, dan dengan memanfaatkan komunikasi USB (Universal Serial Sesudah) sebagai cara antarmuka antara perangkat dengan komputer sehingga

Sebelum osiloskop dapat dipakai untuk memperhatikan sinyal karenanya Osiloskop Portable perlu disetel dulu supaya tak terjadi kesalahan fatal dalam pengukuran. Langkah permulaan penerapan ialah pengkalibrasian. Bila pertama kali patut timbul di layar ialah garis lurus mendatar seandainya tak ada sinyal usul. Bila perlu disetel ialah konsentrasi, intensitas, kemiringan, x position, dan y position. Dengan menggunakan tegangan referensi yang terdapat di osiloskop karenanya kita dapat melaksanakan pengkalibrasian simpel. Ada dua tegangan referensi yang dapat dijadikan referensi ialah tegangan persegi 2 Vpp dan 0.2 Vpp dengan frekuensi 1 KHz. Menetapkan probe dikalibrasi karenanya dengan menempelkan probe pada terminal tegangan referensi karenanya akan timbul tegangan persegi pada layar. 

Menetapkan yang dijadikan referensi ialah tegangan 2 Vpp karenanya pada posisi 1 volt/div (satu kotak vertikal mewakili tegangan 1 volt) patut terdapat skor tegangan dari puncak ke puncak sebanyak dua kotak dan untuk time/div 1 ms/div (satu kotak horizontal mewakili waktu 1 ms) patut terdapat satu gelombang untuk satu kotak. Menetapkan masih belum tepat karenanya perlu disetel dengan potensio yang terdapat di tengah-tengah knob pengganti Volt/div dan time/div. Atau seandainya pada gambar osiloskop diatas berupa potensio dengan label var.

Pada saat menggunakan osiloskop juga perlu dilihat beberapa hal sebagai berikut:


  • Bila alat yang dievaluasi dan osiloskop ditanahkan (digroundkan), disamping untuk kemanan, hal ini juga untuk mengurangi bunyi dari frekuensi radio atau jala-jala.
  • Bila probe dalam kondisi baik.
  • Kalibrasi tampilan dapat dikerjakan dengan panel kontrol yang ada di osiloskop.
  • Tentukan skala sumbu Y (tegangan) dengan mengontrol posisi tombol Volt/Div pada posisi tertentu. Menetapkan sinyal masukannya diperkirakan cukup besar, pakai skala Volt/Div yang besar. Menetapkan sulit memperkirakan besarnya tegangan usul, pakai attenuator 10 x (peredam sinyal) pada probe atau skala Volt/Div dipasang pada posisi paling besar.
  • Tentukan skala Time/Div untuk mengontrol tampilan frekuensi sinyal  usul.
  • Tombol Trigger atau hold-off untuk memperoleh sinyal keluaran yang stabil.
  • Tombol pengatur konsentrasi seandainya gambarnya kurang konsentrasi.
  • Tombol pengatur intensitas seandainya gambarnya sangat/kurang terang.