Arbitrary wafeform generator

Arbitrary wafeform generator

Pengertian Arbitrary wafeform generator dan Jenis-jenisnya – Function Generator atau Generator Fungsi merupakan alat uji elektronik yang bisa membangkitkan berjenis-jenis format gelombang. Wujud Gelombang yang bisa dibuat oleh Function Generator diantaranya seperti format gelombang Sinus (Sine Wave), gelombang Kotak (Square Wave), gelombang gigi gergaji (Saw tooth wave), gelombang segitiga (Triangular wave) dan gelombang pulsa (Pulse). Fungsi ini sedikit berbeda dengan RF Signal Generator maupun Audio Signal Generator yang pada biasanya cuma konsentrasi pada pembangkitan format gelombang sinus.

Arbitrary wafeform generator bisa menjadikan Frekuensi sampai 20MHz tergantung pada rancangan produsennya. Frekuensi yang dibuat hal yang demikian bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan kita. Selain pembatasan Frekuensi, kita juga bisa mengatur format gelombang, DC Offset dan Duty Cycle (Siklus Kerja). Sebagai pengetahuan, DC Offset digunakan untuk mengubah tegangan rata-rata pada sinyal relatif kepada 0V atau Ground. Sedangkan Jenis dimaksud dengan Duty Cycle atau Siklus kerja merupakan perbandingan waktu dikala sinyal menempuh keadaan ON dan dikala menempuh keadaan OFF dalam satu periode sinyal. Dengan kata lain, Siklus Kerja atau Duty Cycle merupakan perbandingan lamanya waktu keadaan ON dan keadaan OFF suatu sinyal pada setiap periode. Fungsi pembatasan Duty Cycle untuk mengubah rasio tegangan tertinggi ke tegangan kepada tegangan terendah pada sinyal gelombang persegi.

Di pasaran, terdapat beberapa ragam Function Generator yang menawarkan performa dan harga yang bervariasi. Berikut ini merupakan ragam-ragam Function Generator atau Generator Fungsi yang dimaksud. Analogue Function Generator (Generator Fungsi Analog) – Function Generator ragam ini merupakan Function Generator yang paling pertama dioptimalkan merupakan sekitar tahun 1950-an. Pada dikala hal yang demikian, penggunakan teknologi komputerisasi masih sungguh-sungguh terbatas. Digital masih menerapkan Teknologi Analog, Function Generator ragam ini memiliki beberapa kelebihan merupakan Harga yang relatif lebih murah, cara pemakaian yang lebih mudah dan sederhana.

Digital Function Generator (Generato Fungsi Digital) – Seperti namanya, Function Generator ragam ini memanfaatkan Teknologi Digital untuk menjadikan format gelombangnya. Ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk membangkitkan format gelombang, namun teknik yang paling lazim digunakan merupakan teknik Direct Digital Synthesis (Sintesis Digital Digital) atau disingkat dengan DDS.

Digital Function Generator ini sanggup menjadikan format gelombang dengan tingkat ketepatan dan stabilitas yang tinggi karena rangkaian cara Pewaktunya (clock) dibatasi oleh Kristal (Crystal). Digital Funciton Generator juga sanggup menjadikan spektral yang murni (high spectral purity) dan Noise Fase yang rendah (low phase noise).

Dengan beberapa kelebihan Digital Function Generator yang ditawarkan ini, Harga Digital Function Generator menjadi lebih mahal dan pengoperasian lebih rumit sekiranya diperbandingkan dengan Analog Function Generator.

Sweep Function Generator (Generator Fungsi Sweep) – Function Generator ragam ini memiliki kesanggupan Sweep pada Frekuensinya. Pada biasanya, Sweep Function Generator ini menerapkan Teknologi Digital, namun ada juga yang menerapkan versi Analog.  Sweep pada Function Generator ragam ini bisa menempuh 100:1 atau bahkan lebih tergantung pada ragam generatornya.

Ada beberapa fungsi Function Generator yang perlu dikenal sama kau semua, merupakan sebagai berikut:

• Function Generator Output, fungsinya buat mendapatkan keluaran (output) format gelombang yang diinginkan.
• Sweep Generator Output, fungsinya buat mendapatkan ayunan (Sweep) format gelombang yang diinginkan.
• Frequency Counter, fungsinya buat mengitung frekuensi.