Pengukur suhu gas buang atau exhaust gas temperature (EGT gauge) adalah meteran yang digunakan untuk memantau suhu gas buang dari mesin pembakaran internal bersamaan dengan pyrometer tipe termokopel. Pengukur EGT ditemukan di mobil dan pesawat terbang tertentu. Dengan memantau EGT, pengemudi atau pilot dapat memperoleh gagasan tentang rasio udara-bahan bakar kendaraan (AFR). Salah satu merk yang terbaik adalah alat ukur gas knalpot IMR.
Pada rasio udara-bahan bakar udara stoikiometrik, suhu gas buang berbeda dari yang dalam rasio udara-bahan bakar yang ramping atau kaya. Pada rasio udara-bahan bakar yang kaya, suhu gas buang naik atau turun tergantung pada bahan bakar. Suhu tinggi (biasanya di atas 1.600 ° F atau 900 ° C) dapat menjadi indikator kondisi berbahaya yang dapat menyebabkan kegagalan mesin katastropik.
Pengaplikasian Alat Ukur Gas Knalpot
Sebagian besar pesawat piston ringan masih memiliki kontrol campuran manual, dan pilot menggunakan pengukur EGT untuk mengatur campuran udara-bahan bakar yang optimal untuk ketinggian dan kekuatan kepadatan saat ini. Temperatur kepala silinder terpanas (CHT) dan tekanan silinder internal tertinggi terjadi sekitar 50 ° F kaya EGT puncak, dan risiko predetonasi, jadi sangat penting untuk menghindari daerah itu, dan terbang baik dengan EGT puncak ramping atau lebih kaya dari 100 ° kaya EGT puncak. Campuran leaner menghasilkan penghematan bahan bakar yang signifikan, tetapi dapat mengakibatkan pengoperasian kasar beberapa mesin yang diinjeksi bahan bakar karburet atau tidak disetel dengan benar.
EGT meter digunakan untuk menyetel mobil yang dilengkapi turbo. Jika sensor dipasang di manifold collector sebelum turbo, suhu saluran masuk turbin dapat dipantau. Jika sensor dipasang setelah turbo, suhu gas buang dapat dipantau. Karena EGT biasanya turun 200–300 ° F (110-170 ° C) di seluruh turbin, para pemasang mencoba menempatkan termokopel sedekat mungkin dengan kepala silinder untuk menghasilkan pembacaan yang benar, dan pembacaan yang akan bereaksi lebih cepat pada mesin. kondisinya dibandingkan dengan instalasi setelah turbo.
Mesin berpendingin udara, seperti yang digunakan di Volkswagen, Porsche dan mobil lain dapat rusak karena terlalu panas. Pengukur suhu gas buang dapat digunakan untuk mencegah kerusakan. Mesin sepeda motor berpendingin udara juga bisa rusak karena terlalu panas. Karena itulkah dibutuhkan alat ukur gas knalpot IMR.
Jika Anda membutuhkannya, Anda bisa membelinya secara online di Tridinamika. Alat ukur gas knalpot IMR di Tridinamika dijamin harganya murah dan juga terjamin kepercayaannya kalau merk IMR yang dijualnya adalah merk original!