Function generator

Function generator

Pengertian Function Generator dan Ragam-jenisnya – Function Generator atau Generator Fungsi merupakan alat uji elektronik yang bisa membangkitkan beraneka format gelombang. Wujud Gelombang yang bisa diwujudkan oleh Function Generator diantaranya seperti format gelombang Sinus (Sine Wave), gelombang Kotak (Square Wave), gelombang gigi gergaji (Saw tooth wave), gelombang segitiga (Triangular wave) dan gelombang pulsa (Pulse). Fungsi ini sedikit berbeda dengan RF Signal Generator maupun Audio Signal Generator yang pada lazimnya hanya konsentrasi pada pembangkitan format gelombang sinus.

Function Generator bisa menghasilkan Frekuensi sampai 20MHz tergantung pada rancangan produsennya. Frekuensi yang diwujudkan tersebut bisa kita atur layak dengan keperluan kita. Selain pengendalian Frekuensi, kita juga bisa mengatur format gelombang, DC Offset dan Duty Cycle (Siklus Kerja). Sebagai pengetahuan, DC Offset dipakai untuk mengubah tegangan rata-rata pada sinyal relatif kepada 0V atau Ground. Sedangkan Ragam dimaksud dengan Duty Cycle atau Siklus kerja merupakan perbandingan waktu dikala sinyal mencapai kondisi ON dan dikala mencapai kondisi OFF dalam satu periode sinyal. Dengan kata lain, Siklus Kerja atau Duty Cycle merupakan perbandingan lamanya waktu kondisi ON dan kondisi OFF suatu sinyal pada setiap periode. Fungsi pengendalian Duty Cycle untuk mengubah rasio tegangan tertinggi ke tegangan kepada tegangan terendah pada sinyal gelombang persegi.

Ragam-macam Function Generator

Di pasaran, terdapat sebagian macam Function Generator yang menawarkan performa dan harga yang bervariasi. Berikut ini merupakan macam-macam Function Generator atau Generator Fungsi yang dimaksud.

Analogue Function Generator (Generator Fungsi Analog) – Function Generator macam ini merupakan Function Generator yang paling pertama dimaksimalkan merupakan sekitar tahun 1950-an. Pada dikala tersebut, penggunakan teknologi digital masih amat terbatas. Komputerisasi masih mengaplikasikan Teknologi Analog, Function Generator macam ini memiliki sebagian kelebihan merupakan Harga yang relatif lebih murah, metode pemakaian yang lebih mudah dan simpel.

Komputerisasi Function Generator (Generato Fungsi Komputerisasi) – Seperti namanya, Function Generator macam ini memanfaatkan Teknologi Komputerisasi untuk menghasilkan format gelombangnya. Ada sebagian teknik yang bisa dipakai untuk membangkitkan format gelombang, tapi teknik yang paling biasa dipakai merupakan teknik Direct Komputerisasi Synthesis (Sintesis Komputerisasi Komputerisasi) atau disingkat dengan DDS.

Komputerisasi Function Generator ini cakap menghasilkan format gelombang dengan tingkat akurasi dan stabilitas yang tinggi sebab rangkaian metode Pewaktunya (clock) dikendalikan oleh Kristal (Crystal). Komputerisasi Funciton Generator juga cakap menghasilkan spektral yang murni (high spectral purity) dan Noise Fase yang rendah (low phase noise).

Dengan sebagian kelebihan Komputerisasi Function Generator yang ditawarkan ini, Harga Komputerisasi Function Generator menjadi lebih mahal dan pengoperasian lebih rumit jika dibandingkan dengan Analog Function Generator.

Sweep Function Generator (Generator Fungsi Sweep) – Function Generator macam ini memiliki kemampuan Sweep pada Frekuensinya. Pada lazimnya, Sweep Function Generator ini mengaplikasikan Teknologi Komputerisasi, tapi ada juga yang mengaplikasikan versi Analog.  Sweep pada Function Generator macam ini bisa mencapai 100:1 atau bahkan lebih tergantung pada macam generatornya.

Ada sebagian fungsi Function Generator yang perlu dikenal sama kamu segala, merupakan sebagai berikut:
Function Generator Output, fungsinya buat menerima keluaran (output) format gelombang yang diharapkan.
Sweep Generator Output, fungsinya buat menerima ayunan (Sweep) format gelombang yang diharapkan.
Frequency Counter, fungsinya buat mengitung frekuensi.