Digital Storage Oscilloscopes

Digital Storage Oscilloscopes

Dalam bidang elektronika, Digital Storage Oscilloscopes yaitu instrumen ukur yang memiliki posisi yang betul-betul penting mengingat sifatnya yang kapabel menonjolkan format gelombang yang diwujudkan oleh rangkaian yang sedang diperhatikan.Dewasa ini secara prinsip ada dua variasi osiloskop, yaitu variasi analog (ART - analog real time oscilloscope) dan variasi komputerisasi (DSO - digital storage oscilloscopes), keduanya memiliki kelebihan dan keterbatasan.Sehingga para insyinyur dan praktisi yang bekerja dilaboratorium perlu mencermati karakter masing-masing osilospok hal yang demikian agar dapat menerapkannya secara tepat dalam kasus-kasu yang terkait rangkaian elektronik.

Ilustrasi Umum Osiloskop.

Osiloskop yaitu alat ukur elektronik yang dapat menonjolkan format gelombang, menganalisa gelombang dan fenomena lain yang terkait dengan rangkaian elektronik. Dengan menmggunkan osiloskop maka dapat menonjol pada amplitude tegangan dan gelombang kotak.Olehnya itu, RMS (root mean square) dan tegangan puncak kepuncak dapat diukur.

Osiloskop juga lazimnya digunakan untuk memandang format gelombang yang tepat dari sinyal listrik.Selain amplitudo sinyal, osiloskop dapat menonjolkan distorsi, waktu antara dua peristiwa (seperti lebar pulsa, jangka waktu, atau waktu naik) dan waktu relatif dari dua sinyal terkait.Pada ketika ini, ada sebagian variasi osiloskop yang berbasis komputer, dan sudah diimplementasikan.
Beberapa kegunaan lain dari osiloskop diantannya untuk mengevaluasi besar tegangan listrik dan hubungannya kepada waktu, mengevaluasi frekuensi sinyal yang berosilasi. Osiloskop dapat pula digunakan untuk mengecek jalannya suatu sinyal pada sebuah rangakaian listrik, membedakan arus AC dengan arus DC, dan mengecek noise pada sebuah rangkaian listrik dan hubungannya kepada waktu.

Ada dua variasi osiloskop yang dikenal yaitu osiloskop analog dan osiloskop komputerisasi.Osiloskop variasi waktu kongkrit analog (ART) menggambar format-format gelombang listrik dengan via gerakan pancaran elektron (electron beam) dalam sebuah tabung cahaya katoda (CRT -cathode ray tube) dari kiri ke kanan. Sedangkanosiloskop komputerisasi, gelombang yang akan ditampilkan lebih dahulu disampling (dicuplik) dan didigitalisasikan. Osiloskop kemudian menaruh nilai-nilai tegangan ini bersama sama dengan skala waktu gelombangnya di ingatan.

TIPE-TIPE OSILOSKOP BEDASARKAN PRINSIPNYA

1. OSILOSKOP ANALOG

Osiloskop variasi waktu kongkrit analog (ART) menggambar format-format gelombang listrik via gerakan pancaran elektron (electron beam) dalam sebuah tabung cahaya katoda (CRT -cathode ray tube) dari kiri ke kanan. Pancaran elektron dari komponen senapan elektron ( electron gun) yang membentur atau menumbuk dinding dalam tabung hal yang demikian mengeksitasi elektron dalam lapisan fosfor pada layar tabung sehingga terjadi perpendaran atau nyala pada layar yang membuktikan format dasar gelombang. 

Dalam perjalanannya dari senapan elektron menuju layar yang berfosfor tadi, elektron-elektron diberi pengaruh oleh medan listrik dalam arah vertikal (ke atas ataupun ke bawah) oleh sepasang pelat pembelok (defleksi) vertikal dan dalam arah horisontal oleh sepasang pelat defleksi horisontal. Sekiranya tegangan pada segala pelat hal yang demikian nol Volt, elektron akan berjalan lurus membentur layar sehingga hanya menonjol sebuah bintik nyala ditengah layar saja. Untuk membikin\ gambar garis pada layar, dibutuhkan gelombang gigi gergaji yang diberikan kepada pasangan pelat horisontal hal yang demikian. Tegangan gigi gergaji ini diwujudkan oleh time base generator/sweep generator atau generator sapu, yang kemudian diperkuat oleh penguat horisontal

Tegangan gigi gergaji ini naik secara linier kepada waktu sehingga berkas elektron pada layar bergerak dari kiri ke kanan.Setelah sampai di komponen paling kanan layar, tegangan gigi gergaji turun dengan kencang ke nol sehingga mengawali gerakan berulang dari komponen kiri layar.Gerakan balik yang kencang ini tidak dapat dicokok oleh mata sehingga yang menonjol yaitu gambar garis horisontal lurus pada layar yang tidak terputus.